Batal! Irjen Teddy Minahasa Tak Jadi Duduki Jabatan Kapolda Jatim, Kapolri: Kita Ganti Pejabat Baru

idtheftquiz.org/ – Buntut penangkapan Irjen Teddy Minahasa sebagai terduga pengguna narkoba , Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo batalkan mutasi untuk kursi Kapolda Jawa Timur (Jatim).

Sebelumnya, Irjen Teddy memang sedang dalam proses mutasi dari jabatan Kapolda Sumatera Barat ke Kapolda Jatim , menggantikan Nico Afinta.

Adapun Nico Afinta dilengserkan lantaran imbas kasus tragedi Kanjuruhan, Malang, Jatim, yang menewaskan 132 orang.

Dengan demikian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Irjen Teddy Minahasa batal ditempatkan di Kapolda Jatim .

Baca Juga: Dorong Akselerasi Perluasan Akses Pembiayaan, BFI Finance Kenalkan Lebih Dekat Beragam Produk & Layanan

“Terkait dengan posisi Irjenpol TM yang kemarin baru saja kita keluarkan TR ( Telegram Rahasia ) untuk mengisi Polda Jatim, hari ini saya akan keluarkan TR pembatalan,” katanya, dalam keterangan pers, Jumat, 14 Oktober 2022.

Meski belum membeberkan kemungkinan kandidat pengganti, Sigit menegaskan posisi Kapolda Jatim akan diisi oleh nama lain. “Kita ganti dengan pejabat yang baru,” ucap dia.

Sebagai informasi, Irjen Teddy Minahasa seharusnya resmi menjabat Kapolda Jawa Timur pekan depan, buntut pemindahan Irjen Nico Afinta yang dimutasi menjadi Sahlisosbud Kapolri.

Penunjukkan Teddy Minahasa mengisi kursi Kapolda Jatim telah tercantum dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP/2022.

Baca Juga: Kapolri Perintahkan Kapolda Metro Jaya Lanjutkan Kasus Narkoba Irjen Teddy Minahasa ke Pidana

Kendati demikian, diketahui belum ada proses serah terima jabatan (sertijab) dari Kapolda Jatim terdahulu ke Irjen Teddy Minahasa .

Selain pergantian status, kasus ini juga disoroti banyak mata lantaran jumlah kekayaan fantastis milik Teddy.

Dalam catatan lengkap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Irjen Teddy diketahui memiliki harta sekitar Rp29 miliar lebih.

Adapun pelaporan kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut dilakukan Teddy pada 26 Maret 2022, saat ia menjabat sebagai Kapolda Sumbar.

Baca Juga: Kapolri Beberkan Awal Mula Penangkapan Irjen Teddy Minahasa

Laman LHKPN menjelaskan, kekayaan total milik Teddy senilai Rp29.974.417.203 (miliar). Angka itu kontan menobatkan dirinya sebagai polisi terkaya di Indonesia.

Apabila dirunut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, penangkapan Irjen Teddy Minahasa bermula dari pengungkapan kasus narkoba yang dilakukan Polda Metro Jaya.

“Beberapa hari lalu Polda Metro Jaya melakukan pengungkapan terhadap jaringan peredaran gelap narkoba berawal laporan masyarakat kemudian berhasil diamankan tiga orang dari masyarakat sipil,” kata Listyo di Mabes Polri.

“Atas dasar tersebut saya minta terus kembangkan dan berkembang pada pengedar dan mengarah pada personel anggota Polri berpangkat AKBP mantan Kapolres Bukit Tinggi,” tuturnya lagi. ***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment