Apakah iPhone Bisa Dicas Semalaman? Begini Penjelasannya

idtheftquiz.org/ – Untuk menjaga kesehatan baterai atau battery health iPhone , beberapa pengguna mungkin bakal menganjurkan agar tidak melakukan tindakan mengisi daya dalam waktu yang cukup lama, seperti saat ditinggal tidur semalaman.

iPhone dicas terlalu lama semalaman cukup banyak disebut sebagai penyebab kesehatan baterai menurun. Salah satu contohnya seperti yang disampaikan oleh akun dengan handle @robytch di Twitter, sebagaimana tertera di bawah ini.


Akun tersebut mengatakan bahwa salah satu sebab battery health turun adalah iPhone dicas terlalu lama (overcharge) lantaran ditinggal tidur. Selain itu, ada pula akun dengan handle @cloudysnowys yang melontarkan respons bernada serupa lewat twitnya.

Ia juga menganjurkan agar iPhone tidak dicas terlalu lama semalaman untuk menjaga battery health tidak cepat turun. Lantas, apakah benar demikian bahwa iPhone tidak bisa dicas semalaman?

Di laman resmi dukungan Apple sendiri, untuk menjaga battery health iPhone, cara yang utama adalah dengan menjauhkan perangkat dari paparan suhu panas ekstrem (lebih dari 35 derajat celcius).

Suhu panas tersebut salah satunya bisa datang dari aktivitas pengisian daya yang dilakukan dalam kondisi tertentu. Dengan menjadi salah satu penyebab itu, lalu apakah iPhone bisa dicas semalaman ?

Aktivitas pengisian daya yang bisa menimbulkan suhu panas ekstrem dapat terjadi ketika dibarengi hal lain, misal cas iPhone dengan bermain game. Selain itu, suhu panas ekstrem juga bisa timbul dengan kondisi mengisi daya pada iPhone yang terpasang pelindung.

Untuk kondisi iPhone dicas semalaman, secara konsep sebetulnya bisa dilakukan. iPhone boleh dicas semalaman lantaran terdapat fitur Pengisian Daya Optimal atau Optimized Battery Charging , begini penjelasannya.

Fitur Pengisian Daya Optimal

Dikutip dari laman resmi dukungan Apple, Pengisian Daya Optimal atau Optimized Battery Charging merupakan fitur yang dibuat untuk mengurangi penurunan battery health iPhone akibat pengisian daya dalam waktu yang cukup lama.

Fitur yang mulai tersedia di iOS 13 itu dapat menghalau pengisian daya ke iPhone secara otomatis, saat berada dalam kondisi tertentu. Dengan fitur Pengisian Daya Optimal, iPhone mempelajari kebiasaan pengguna sehari-hari.

Bila fitur Pengisian Daya Optimal diaktifkan, iPhone dapat menunda pengisian daya melewati 80 persen ketika terdeteksi bakal terhubung dengan cas dalam waktu yang cukup lama, seperti ditinggal tidur semalaman.

Kemudian, pengisian daya yang ditunda tersebut akan berlanjut hingga penuh 100 persen saat mendekati waktu pengguna biasa memakai iPhone kembali di pagi hari, setelah ditinggal tidur semalaman.

Adapun tanda bahwa fitur Pengisian Daya Optimal aktif adalah terdapat notifikasi dengan pesan seperti ini “Dijadwalkan untuk selesai mengisi daya pukul”, sebagaimana yang tertera pada gambar di bawah.

iPhone dapat memperkirakan kapan seharusnya daya terisi penuh berdasar kebiasaan cas sehari-hari. Pengisian Daya Optimal bisa diaktifkan di opsi “Kesehatan Baterai” di menu pengaturan baterai iPhone.

Selain berdasar aktivitas pengisian daya sehari-hari, Pengisian Daya Optimal juga akan mendeteksi lokasi di mana pengguna sering menghabiskan waktu, misal rumah atau kantor.
Fitur ini hanya akan aktif saat pengguna terdeteksi berada di lokasi tersebut.

Berdasar penjelasan mengenai cara kerja fitur Pengisian Daya Optimal di atas, berarti pada dasarnya iPhone boleh dicas semalaman. Pengisian daya iPhone bakal ditunda dan dilanjut ketika waktunya tiba untuk dipakai lagi.

Jadi, iPhone tidak akan dibiarkan secara terus menerus mengisi daya ketika terhubung dengan cas dalam waktu yang cukup lama di lokasi tertentu. Demikianlah penjelasan seputar fitur Pengisian Daya Optimal yang bikin iPhone boleh dicas semalaman.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment