8 Polisi Diperiksa Terkait Dugaan Gratifikasi Private Jet Brigjen Hendra Kurniawan

idtheftquiz.org/ – Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan terhadap 22 orang saksi terkait dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi Brigjen Hendra Kurniawan .

“Jumlah saksi yang dimintai keterangan sebanyak 22 orang, terdiri atas 8 anggota Polri dan 14 orang dari pihak aviasi dan lainnya,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dilansir Pikiran-rakyat.com dari PMJ News.

Adapun delapan personel Polri tersebut yaitu Brigjen Pol Hendra Kurniawan, Kombes Pol Agus Nur Patria, Kombes Pol Susanto, AKP Rifaizal Samual, Bripda Fernanda, Briptu Sigid Mukti Hanggono, Briptu Putu, dan Briptu Mika.

Sesuai dengan keterangan yang diungkapkan oleh Indonesia Police Watch (IPW), nama dari kedelapan anggota Polri tersebut tercantum dalam daftar penumpang jet pribadi .

Selain itu, 14 saksi lain yang turut diperiksa oleh pihak penerbangan yaitu DB, ASH, DR, OJ, GB, TA, ARB, AR, IN, BK, JA, AK, SN, dan AH.

Tak hanya 22 saksi yang telah diperiksa, Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri juga telah mengantongi dan mengamankan beberapa barang bukti untuk diselidiki lebih mendalam.

“Barang bukti yang menjadi objek penyelidikan sebanyak 15 lembar atau eksemplar dokumen terkait penggunaan pesawat Jet T7/JAB,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah.

Dalam laporan LI/27/IX/2022/Tipidkor tertanggal 22 September 2022 disangkakan pasal 5 Ayat (1) huruf a atau huruf b dan Pasal 5 Ayat (2), Pasal 11 dan Pasal 13 atau Pasal 12 huruf a dan huruf b Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999.

Yaitu, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) Ke–1 KUHP.

Dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 20 tahun dan denda maksimal Rp1 miliar.

Sebelumnya, Brigjen Pol Hendra Kurniawan telah ditetapkan sebagai tersangka obstruction of justice dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Kasus pembunuhan tersebut juga melibatkan mantan pimpinan Brigjen Pol Hendra Kurniawan yakni Ferdy Sambo.

Hingga kini, polisi dan beberapa pihak terkait masih melakukan pendalaman untuk mengungkap kasus yang menewaskan Brigadir J tersebut.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment