6 Cara Bikin Akun Twitter Kamu Aman dan Terlindungi dari Serangan Phising

idtheftquiz.org/ – Phishing dan penipuan daring semakin marak terjadi dan tidak terbatas pada satu platform, lokasi, atau cara tertentu.

Twitter juga merilis panduan secara berkala untuk membantu mengingatkan pengguna agar terhindar dari penipuan, termasuk melalui Tweet dan Utas dari akun resmi Twitter, di Pusat Bantuan, dan blog.

Hal penting lainnya yang dilakukan Twitter adalah melalui Peraturan Twitter.

Melakukan impersonasi terhadap akun seseorang, kelompok, atau organisasi untuk menyesatkan, membingungkan, menipu orang lain, atau menggunakan identitas palsu serta mengganggu pengalaman orang lain di Twitter adalah pelanggaran terhadap Peraturan Twitter.

Twitter juga secara aktif menghapus akun spam dan mengunci akun yang dicurigai sebagai spam yang tidak dapat melewati verifikasi manusia, seperti captcha atau verifikasi menggunakan telepon genggam atau email.

Dalam rangka Bulan Kesadaran Keamanan Siber, Twitter membagikan enam tips agar pengguna dapat bergabung, dalam memerangi penipu dan memastikan bahwa setiap orang memiliki pengalaman yang aman (dan menyenangkan) di Twitter.

Buat kata sandi akun yang kuat

Sangat penting untuk melindungi akses ke akun Twitter. Cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan memilih kata sandi yang kuat dan unik (minimal memiliki 10 karakter, idealnya dibuat secara acak, dan disimpan dalam pengelola kata sandi).

Jaga detail akses akun kamu

Jangan pernah membagikan nomor ponsel, email, @namapengguna, kata sandi, atau kode sandi sekali pakai kepada siapa pun. Namun, jika ada tanda-tanda mencurigakan bahwa suatu akun mungkin telah disusupi, segera ubah kata sandinya.

Menyalakan autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor adalah lapisan keamanan ekstra. Proses autentikasi Ini mengharuskan orang menggunakan kode atau kunci keamanan dengan kata sandi, untuk masuk ke akun pengguna dan membantu memastikan bahwa hanya pemilik akun yang dapat mengakses akun tersebut.

Menggunakan kunci keamanan adalah cara paling handal untuk melindungi akun dari scammer dan serangan phishing.

Kendalikan siapa yang dapat menghubungi kamu melalui Direct Message (DM)

Jika menerima DM yang mencurigakan, jangan unduh lampiran apa pun atau klik tautan apa pun, dan jangan juga membagikan informasi login akun kepada siapapun – segera hapus DM tersebut.Periksa pengaturan DM akun, perbarui mereka untuk mengelola siapa yang dapat DM kamu.

Kamu dapat memilih untuk tidak menerima DM dari orang-orang yang tidak diikuti.

Laporkan ke Twitter

Jika menurut mu akun kamu telah disusupi, atau menerima spam melalui DM, segera laporkan! Tindakan tersebut bertentangan dengan Peraturan Twitter.

Terus perbarui

Selalu perbarui aplikasi Twitter, perangkat lunak komputer, dan browser kamu dengan versi terbaru – pembaruan dilakukan karena suatu alasan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment