5 Fenomena Langit Teraneh & Tak Biasa Dunia, Bikin Merinding

idtheftquiz.org/ – Langit beberapa kali dilaporkan memiliki fenomena aneh dan tidak biasa. Dari kemunculan UFO, warna langit yang berubah, hingga terdengarnya suara aneh.

Berikut 5 fenomena tersebut, dirangkum CNBC Indonesia dari beberapa sumber, Senin (10/10/2022):

Beberapa waktu lalu, langit kota Zhoushari, Provinsi Zheijang, China Timur berubah menjadi merah darah. Dari rekaman warga terlihat, langit malam itu berubah menjadi warna oranye-merah di antara lapisan kabut tebal.

Fenomena itu terjadi beberapa jam dan dapat terlihat di seluruh kota pada Sabtu (7/5/2022). Sontak langit merah itu membuat banyak warga yang ketakutan, “Saya takut,” ucap beberapa anak kepada orang tuanya.

Biro Meteorologi lokal di Zhoushan mengonfimrasi kejadian itu. Namun menekankan hal tersebut bukanlah sesuatu yang berbau supernatural.

Menurut biro itu, langit merah disebabkan pembiasan cahaya yang kemungkinan dari kapal di pelabuhan. “Kemarin cukup berkabut dan awan terbentuk di ketinggian rendah,” kata seorang juru bicara, dikutip dari Daily Star. “Ini adalah fenomena yang disebabkan oleh pembiasan cahaya.”

Langit berwarna aneh juga terjadi di Australia. Fenomena langit pink di kota Mildura mengagetkan dan membuat bingung masyarakat.

Ternyata cahaya itu berasal dari ladang ganja di luar kota Mildura. Menurut perusahaan farmasi Cann Group, warna pink berasal dari fasilitas ganja obat lokal.

Lampu kemerahan digunakan untuk membantu tanaman tumbuh dan pemadaman terjadi saat senja. Malam fenomena itu terjadi, langit malam sedang mendung dan membuat lampu-lampu menjadi ‘matahari terbenam dengan stereoid”.

Pada 2021 lalu, suara gemuruh terdengar di kota Bandung. Sejumlah warga mengaku mendengar suara yang terjadi pada Sabtu (13/2/2022) pagi hari tersebut.

Suara tersebut sebelumnya juga terdengar pada Kamis (11/2/2022). Pada Kamis, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung mengatakan kemungkinan besar suara berasal dari aktivitas manusia.

Sebab, BMKG mengatakan tidak mencatat adanya aktivitas seismik maupun petir di Kota Bandung, tepatnya di Jalan Setiabudi dan Jalan Cemara.

Pada Selasa (5/7/2022) langit Sioux Falls, South Dakota berubah menjadi hijau dan dengan cepat viral di media sosial. Newsweek melaporkan badai petir dan angin kencang disertai hujan terjadi saat itu.

IFL Science menuliskan yang terjadi adalah bagian dari efek cahaya yang dihamburkan dari es. Ahli meteorologi NWS, Cory Martin dalam Twitternya mengatakan partikel air/es dalam badai dengan kedalaman dan kandungan air yang substansial akan menyebarkan cahaya biru.

Saat cahaya kemerahan di atmosfer menerangi tetesan tadi maka akan tampak menjadi hijau. “Fenomena ini biasanya merupakan tanda peringatan visual badai petir mampu menghasilkan hujan es yang sangat besar,” jelas Martin.

UFO dilaporkan terlihat di Kyiv saat perang Rusia dan Ukraina masih terjadi. Makalah yang diterbitkan oleh Observatorium Astronomi Utama dari Akademi Sains Nasional Ukraina melaporkan banyak UFO terdeteksi dari dua stasiun di pengamatan meteor di Kyiv dan Vinarovka atau 75 mil di luar ibu kota.

“Kami melihat mereka di mana-mana. Kami mengamati sejumlah besar objek yang sifatnya tidak jelas,” tulis para penulis makalah yang dikutip New York Post.

“Penerbangan kapal tunggal, kelompok, dan skuadron kapal terdeteksi, bergerak dengan kecepatan dari 3 hingga 15 derajat per detik.”

Menurut ilmuwan Ukraina, UFO digambarkan dalam dua jenis yang berbeda. Salah satunya disebut kosmik dan lainnya adalah hantu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment