15 Aplikasi Video Call Terbaik di Smartphone Android

idtheftquiz.org/ – Dewasa ini, video call adalah sarana komunikasi tatap muka untuk jarak jauh. Video call memberikan fasilitas untuk melakukan panggilan tatap muka untuk lawan bicara kita yang berada di tempat yang berbeda.

Banyak orang menggunakan video call untuk melepas rindu dengan sahabat, keluarga, atau kekasih, interview pekerjaan, hingga meeting.

Kehadiran video call memang sangat membantu agar kita dapat “berjumpa” dengan lawan bicara kita meskipun jaraknya berjauhan. Selain itu, video call juga dianggap lebih ringan biaya karena kita bisa memanfaatkan jaringan WiFi gratis.

Jika dahulu video call hanya bisa digunakan di komputer, kini video call juga dapat digunakan melalui smartphone atau tablet. Bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut ini adalah aplikasi video call Android terbaik versi dari Carisinyal.

1. Skype

Nah, yang satu ini tentu sudah pernah Anda dengar, bukan? Skype adalah aplikasi video call yang namanya sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan, Skype juga membuat aplikasi khusus untuk Android dan berbagai sistem operasi lainnya.

Sampai saat ini pengguna Skype sudah mencapai angka 250 juta orang. Selama beberapa tahun, pengembang Skype terus berupaya untuk menambahkan fitur-fitur menarik pada Skype, seperti layanan untuk mengirim SMS dan panggilan suara. Skype juga memiliki dukungan lintas platform sama seperti Line dan Hangouts.

2. Zoom

Zoom merupakan salah satu sarana yang sangat populer di kalangan remote workers untuk melakukan pertemuan secara online. Yang menjadikannya begitu digemari adalah Anda bisa melakukan sesi video call dengan jumlah anggota hingga 100 orang secara gratis!

Ditambah lagi, kualitas tampilan video yang diberikan juga sudah HD dan mendukung koneksi server yang sangat cepat sehingga tidak perlu khawatir proses meeting terganggu karena lag.

Zoom juga kompatibel untuk seluruh sistem operasi selain Android. Anda bisa mengundang para anggota yang menggunakan Windows, Mac, dan iOS untuk turut hadir dalam online meeting.

Fitur lain yang dihadirkan juga banyak, seperti kemampuan screen sharing dari perangkat Android, dan juga dari file-file yang disimpan di web dan cloud hosting (Google Drive dan Dropbox).

Tak hanya itu saja. Selama meeting berlangsung, para anggota juga bisa diizinkan untuk mengirimkan pesan, gambar, suara, ataupun video pada kolom chat yang disediakan supaya membuat interaksi antar anggota lebih dinamis dan praktis.

3. Google Meet

Inilah salah satu aplikasi video call terbaik di Android yang bisa Anda unduh di Play Store. Karena aplikasi ini buatan Google, Anda bisa dipastikan dapat menikmati layanan yang memuaskan dari merk raksasa ini.

Google Meet mampu menjadi aplikasi video call yang unggul berkat pengamanan terenkripsi yang diberlakukan pada setiap sesi video call.

Sehingga, data-data sensitif yang menyangkut pribadi maupun perusahaan dapat terjaga dengan aman dari serangan spyware.

Google Meet juga termasuk salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu membagikan link, dan siapapun yang mengklik link tersebut bisa secara otomatis tergabung asalkan sudah terkoneksi dengan email akun Google.

Cara ini amat mudah mengingat hampir semua orang di dunia pasti sudah memiliki akun Google, sehingga siapapun yang ingin mengikuti online meeting atau webinar tidak perlu repot-repot membuat akun baru. Praktis, bukan?

4. WhatsApp Messenger

Sama halnya seperti BBM. Aplikasi chatting yang cukup populer satu ini juga baru-baru ini memiliki fitur video call. WhatsApp Messenger atau lebih dikenal dengan WA, kini bukan hanya sebagai aplikasi untuk chatting dengan kontak-kontak di handphone Anda saja.

WA saat ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan video call. Aplikasi video call ini cukup terkenal karena awalnya WA memang sudah cukup populer dengan aplikasi chattingnya. Nah, Andaingin melakukan video call dengan WA? Bisa klik di sini untuk download aplikasi WA.

5. LINE

Selanjutnya ada aplikasi video call Android terbaik yang sangat populer di Indonesia dan seluruh dunia, yaitu LINE. Pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa Line memiliki 600 juta lebih pengguna aktif di seluruh dunia. Wah, jumlah pengguna yang sangat banyak, bukan?

Sama seperti Hangouts dan Skype, Line menyediakan layanan video call lintas platform. Jadi, Anda dan lawan bicara Anda bisa menggunakan jenis perangkat yang berbeda untuk dapat melakukan panggilan video melalui LINE.

Selain video call, layanan pesan instan merupakan fitur andalan dari LINE. Ditambah kehadiran stiker-stiker unik yang bisa digunakan saat chatting, maka kepopularitasan LINE jadi semakin menanjak. Jika Anda ingin melakukan video call di aplikasi LINE ini, silahkan simak tutorialnya di halaman ini.

6. Messenger

Facebook merilis layanan untuk melakukan video call, yakni melalui aplikasi Messenger. Nampaknya Facebook sangat serius dalam mengembangkan aplikasi video call-nya ini. Melakukan panggilan video dengan Messenger cukup mudah, tekan saja ikon telepon yang terdapat pada aplikasi ini, lalu pilih video call.

Sejauh ini, aplikasi dari Facebook ini cukup baik dan tidak bermasalah. Namun ingat, jika ingin melakukan panggilan video menggunakan Messenger, pastikan lawan bicara Anda juga sudah menginstall aplikasi ini di perangkatnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment