10 Aplikasi untuk Cek Saldo E-Toll di Smartphone Android

idtheftquiz.org/ – Pembayaran jalan tol yang dilakukan secara cash memang kadang tidak efektif dan efisien. Kadang pengguna membayar jasa jalan bebas hambatan tersebut tidak dengan uang pas, sehingga menyebabkan transaksi menjadi lebih lama.

Buntut dari kejadian di atas adalah terjadinya antrian panjang saat hendak menuju jalan tol, terutama saat volume kendaraan sedang tinggi. Ada yang pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya? Jika ya pasti rasanya cukup menjengkelkan, bukan?

Fenomena tersebut kini sudah jarang ditemui karena hadirnya pembayaran jasa guna jalan tol dilakukan secara elektronik.

Pengguna hanya perlu memiliki kartu yang berisi e-money (electronic money) atau uang elektronik untuk transaksi pembayaran. Dengan kartu ini, pengguna jalan tol tidak perlu repot-repot menyiapkan uang cash yang harus pas saat akan membayar. Cukup tempel kartu pada tempat yang disediakan dan terbukalah pintu tol.

Kartu e-money tersebut terdapat banyak pilihan dan disediakan oleh beberapa bank pemerintah dan swasta. Contoh kartu e-money yang dapat digunakan untuk bayar tol adalah e-Toll Card Bank Mandiri, BNI Tap Cash, Flazz BCA, Brizzi BRI, serta Blink BTN.

Sebagai informasi, selain digunakan untuk bayar tol, kartu e-money tersebut juga dapat digunakan untuk berbelanja loh. Jadi multiguna, bukan? Tetapi kartu e-money ini mempunyai batas pengisian saldo.

Batas maksimal saldo mengendap di e-money adalah Rp2 juta. Khusus untuk pengguna yang identitasnya tercatat, batas maksimal saldo di e-money adalah Rp10 juta.

Lalu bagaimana agar bisa mengetahui saldo dalam e-money? Hal itu dapat dilakukan dengan mudah kok. Melalui perangkat ponsel pintar yang digunakan, jumlah saldo e-money dapat dicek dengan cepat. Jika aplikasi mendukung, pengguna juga dapat langsung melakukan pengisian saldo di sana.

Terkait hal tersebut, Carisinyal akan membahas aplikasi untuk cek saldo e-money atau e-toll yang ada di Android. Perlu dicatat, tidak semua ponsel support aplikasi ini. Hanya HP yang sudah dibenamkan teknologi NFC atau Near-Field Communication yang bisa menjalankan aplikasinya.

1. Electronic Money Card Balance

Aplikasi untuk cek saldo e-toll yang pertama adalah Electronic Money Card Balance. Kartu ini mendukung pengecekan saldo e-money banyak kartu, seperti Mandiri e-Money, BNI Tap Cash, dan Flazz BCA.

Dengan adanya aplikasi ini pengguna jalan tol dapat dengan mudah melakukan pengecekan saldo dalam kartu e-money mereka. Dengan demikian, saat hendak masuk ke jalan tol mereka tidak perlu risau apakah saldo untuk bayar masih ada dan cukup atau sudah habis.

Aplikasi ini hanya untuk pengecekan saldo saja dan tidak dapat digunakan untuk top-up atau mengisi saldo. Electronic Money Card Balance dapat diunduh di sini.

2. eSaldo Info

Aplikasi eSaldo Info juga dapat Anda andalkan untuk melihat sisa saldo e-Toll. Anda hanya perlu mengaktifkan NFC di ponsel dan tap kartu e-Toll untuk melihat saldo.

Tak hanya kartu e-Toll, aplikasi eSaldo Info pun bisa mengecek sisa saldo dan riwayat transaksi dari kartu-kartu lain, seperti BRIZZI, Flazz, kartu Indomaret, Jak Lingko, dan masih banyak lagi. Unduh aplikasinya di sini.

3. SaldoKu

SaldoKu adalah aplikasi untuk cek saldo e-Toll di Android yang punya fitur lengkap. Ya, selain bisa cek saldo kartu e-Toll, SaldoKu pun menawarkan fitur unggulan untuk mengecek sisa saldo dan riwayat transaksi dari lebih banyak kartu.

Di antaranya adalah kartu Mandiri e-Money dan e-Toll, BRIZZI, Flazz, BNI Tapcash, hingga MegaCash dari Bank Mega. Selain itu, Anda pun dapat melihat sisa saldo dari kartu Multi Trip yang bisa dipakai untuk transportasi MRT di Jakarta.

Oh iya, aplikasi ini juga bisa mendeteksi ada atau tidaknya fitur NFC di ponsel Anda. Coba aplikasi SaldoKu di sini.

4. e-Chis

Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh via tol tak perlu khawatir akan kehabisan saldo, ya. Gunakan aplikasi e-Chis untuk mengecek sisa saldo e-Toll dengan NFC di ponsel, agar perjalanan tidak terganggu.
Anda hanya perlu menempelkan kartu e-Toll di ponsel untuk bisa melihat saldo yang tersisa.

Tak hanya bisa mengecek saldo kartu e-Toll, di aplikasi ini Anda juga dapat mengetahui jumlah saldo dari kartu lain. Salah satunya kartu Flazz dari BCA. Unduh aplikasinya di sini.

5. BNI TapCash Go

Tap Cash BNI adalah salah satu kartu e-money yang juga bisa dipakai sebagai e-toll. Pengguna Tap Cash bank BNI dapat melakukan pengecekan saldo e-money mereka melalui aplikasi BNI Tap Cash Go. Pengguna juga dapat meng-update saldo mereka melalui aplikasi dengan pembayaran via ATM, EDC, atau SMS Banking. Download BNI Tap Cash Go di sini.

6. BRI Mobile

Pengguna yang sudah memasang aplikasi BRI Mobile dapat melakukan pengecekan saldo e-money Brizzi. Jika ponsel pengguna sudah mendukung fitur NFC, maka menu Brizzi akan otomatis tersedia di aplikasi BRI Mobile Banking.

Karena berada dalam satu tubuh BRI Mobile, pengguna juga dapat melakukan aktivitas perbankan lainnya seperti transfer antar bank, membayar berbagai jenis tagihan, dan lain-lain. Jadi lebih efektif dan efisien, bukan?

Top up Brizzi juga dapat dilakukan melalui BRI Mobile, hanya saja saldo yang masuk berstatus sebagai deposit sehingga perlu aktivasi kembali melalui EDC. Cara lainnya adalah dengan menggunakan internet banking yang bisa langsung digunakan. Download aplikasi BRI Mobile Banking di sini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment