10 Aplikasi Screenshot Panjang untuk PC Desktop dan Laptop

idtheftquiz.org/ – Komputer dengan sistem operasi Windows sudah menyediakan aplikasi screenshot untuk menangkap tampilan layar. File tangkapan kemudian disimpan sebagai gambar. Aplikasi screenshot bawaan Windows itu adalah Snipping Tool yang kemudian berubah nama menjadi Snip & Sketch.

Di Windows 10, Snip & Sketch bisa diakses dengan menekan tombol Windows+Shift+S secara bersamaan. Jendela tangkapan kemudian akan muncul untuk menginstruksikan Anda mengambil gambar dalam berbagai mode. Macam mode pengambilan itu yakni Rectangular (kotak), Window Snip, Fullscreen, dan bentuk bebas sesuai keinginan.

Hanya saja, semua mode itu cuma bisa menangkap seluas dimensi yang ditampilkan layar. Artinya, tidak ada fitur untuk screenshot panjang alias scrolling screenshot. Padahal, dalam beberapa kasus, fitur ini sangat penting.

Misalnya, saat Anda sedang mengikuti seleksi menjadi jurnalis suatu media, biasanya Anda diminta untuk memperlihatkan portofolio tulisan yang pernah dimuat. Portofolio tersebut tentu akan ringkas dan enak dibaca dalam satu gambar, terlebih jika tulisan Anda berlembar-lembar.

Nah, Anda mesti memasang aplikasi pihak ketiga untuk bisa melakukan screenshot panjang, mengingat fitur tersebut tidak tersedia di aplikasi Snip & Sketch. Carisinyal pun sudah merangkum apa saja aplikasi yang bisa Anda coba untuk melakukan screenshot panjang. Simak daftarnya sebagai berikut.

1. Apowersoft Screen Capture Pro

Screen Capture Pro adalah aplikasi screenshot multifungsi dari brand Apowersoft. Brand ini dimiliki oleh perusahaan teknologi asal Hong Kong yang berdiri pada 2010, Wangxu Technology.

Fitur yang dimiliki Screen Capture Pro sangat berlimpah dan bisa dikustomisasi. Ia bisa menangkap gambar dalam bentuk kotak, full screen, menyesuaikan jendela program (window), dan tentu saja screenshot panjang.

Gambar tangkapan layar bisa dibubuhkan tanda tertentu berupa garis, tulisan, dan penanda lain. Menariknya, Screen Capture Pro dapat disetel untuk melakukan tangkapan layar otomatis lewat fitur Task Schedule. Fitur menarik lainnya adalah aplikasi ini dapat menangkap tampilan layar dengan merekamnya.

Namun, fitur yang kedua itu baru bisa didapat jika Anda membelinya. Harganya sekitar 79,95 dolar AS dan berlaku selamanya. Ada juga paket langganan bulanan 12,95 dolar AS. Versi trial aplikasi ini tetap bisa digunakan.

Namun, ada iklan yang muncul, fitur-fitur dibatasi, dan gambar yang dihasilkan memiliki watermark. Anda dapat mengunduh Screen Capture Pro di situs resminya melalui link ini.

2. ShareX

ShareX merupakan aplikasi screenshot yang sifatnya open source. Karena itu, Anda bisa menggunakan ini secara bebas alias gratis. Pengembangnya, Jaex and Michael Delpach, hanya meminta sumbangan seikhlasnya. Aplikasi yang ada sejak 2007 ini sangat populer di berbagai komunitas Discord, karena dipakai oleh banyak game streamer.

ShareX jelas bisa melakukan screenshot panjang. Namun, yang membuat gamers kepincut dengan aplikasi ini adalah adanya fitur seperti merekam tampilan layar, membuat gambar GIF, menciptakan diagram workflows, dan bejibun efek yang bisa ditambahkan pada gambar.

Beberapa pihak mengakui bahwa gambar tangkapan yang dihasilkan aplikasi ini tidak makan banyak ruang: ukuran gambar relatif kecil. Pengguna komputer Windows dapat mengunduh ShareX di sini.

3. PicPick

Aplikasi screenshot panjang selanjutnya adalah PicPick. PickPick juga menarik karena bisa digunakan cuma-cuma alias gratis untuk pemakaian pribadi. Sekilas, tampilan aplikasi ini akan mengingatkan Anda pada Microsoft Office.

Ya, karena tatanan menu di bilah kiri PicPick memang serupa dengan Microsoft Office. Ada tujuh mode pengambilan screenshot yang dimiliki aplikasi ini. Selain tangkapan layar panjang, ia punya mode pengambilan: Full screen, Active Window, Window Control, Region, Fixed Region, dan FreeHand.

Setelah melakukan screenshot, gambar yang dihasilkan dapat Anda edit, diberi efek atau aksesori grafis, dan dibagikan ke media sosial atau media penyimpanan online seperti Google Drive.

PicPick tersedia hanya untuk komputer Windows dan memiliki versi portabel. Tertarik dengan aplikasi ini? Download segera via tautan ini.

4. Firefox Quantum

Apabila Anda memakai browser Mozilla Firefox terbaru, yakni Firefox Quantum, tak perlu lagi bingung-bingung bagaimana caranya melakukan screenshot panjang. Khususnya jika tampilan yang hendak Anda tangkap ada di laman website.

Pasalnya, Firefox Quantum punya fitur screenshot panjang tanpa tambahan ekstensi apa pun. Hingga artikel ini ditulis, browser yang bisa melakukan screenshot panjang tanpa ekstensi tambahan hanyalah Firefox Quantum.

Untuk mengaktifkan fitur screenshot panjang di browser ini, klik menu berbentuk tiga garis horizontal di kanan atas. Lalu, geser ke bawah dan pilih More Tools, kemudian klik Customize Toolbar.

Seketika ada banyak pilihan fungsi yang disediakan, temukan ikon “Screenshot”. Tekan ikon tersebut, tahan, dan geser ke ruang toolbar yang ada di bawah tombol minimize, maximize, dan close. Voila! Sekarang Anda tinggal membuka laman situs yang hendak di-screenshot secara panjang.

Cara screenshot-nya pun cukup mudah. Tekan ikon screenshot di toolbar, lalu mainkan mouse untuk mengatur bagian yang mau diambil. Pergunakan scroll di mouse agar mempermudah screenshot ke bagian bawah. Firefox Quantum dapat Anda unduh dari sini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment