10 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Terbaik untuk Android

idtheftquiz.org/ – Di zaman serba teknologi ini, banyak orang yang rela merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli paket internet setiap bulan. Hal tersebut dikarenakan semakin banyak orang yang mengandalkan internet di smartphone mereka. Hampir segala aktivitas di smartphone membutuhkan internet, seperti main game, membuka media sosial, dan chatting.

Namun, tanpa kita sadari kuota internet sering habis dengan begitu cepat. Nah, adakah solusi untuk menghemat kuota internet kita? Yuk, coba install salah satu aplikasi penghemat kuota internet untuk Android berikut ini.

1. My Data Manager

Menurut Carisinyal, My Data Manager adalah aplikasi penghemat kuota yang terbaik. Fungsi utama dari aplikasi adalah melacak berapa banyak data yang Anda gunakan sehingga Anda bisa memantau penggunaannya secara bijaksana agar tidak kehabisan kuota internet secara tiba-tiba.

My Data Manager juga menginformasikan kepada Anda aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan data dan menghentikan aplikasi tersebut untuk menghemat penggunaan kuota. Tak hanya memantau penggunaan data saat Anda menggunakan paket data, tetapi My Data Manager juga memantau pemakaian data ketika Anda terkoneksi dengan Wi-Fi.

2. Samsung Max

Kami mengatakan bahwa Samsung Max adalah aplikasi untuk menghemat kuota yang paling sederhana. Mengapa? Karena aplikasi ini segera mengompres data untuk aplikasi yang ada di perangkat Anda langsung ketika Anda mengaktifkan jaringan data selular.

Jadi, ketika Anda telah menginstall Samsung Max, maka aplikasi ini langsung melakukan routing semua aplikasi yang ada di perangkat untuk menghemat kuota internet.

Samsung Max adalah aplikasi yang dapat mengompresi video, foto, dan halaman web. Samsung Max akan menunjukkan aplikasi yang paling banyak menggunakan data dan Anda pun bisa segera memblokir aplikasi tersebut.

3. InternetGuard Data Saver Firewall

InternetGuard Data Saver Firewall bisa Anda gunakan untuk menghemat data Anda. Yang satu ini bisa Anda gunakan secara gratis. Tapi jika ingin fitur yang lebih lengkap Anda bisa memilih yang berbayar.

Selain membantu mengurangi penggunaan data, dengan aplikasi ini juga Anda dapat menghemat baterai ponsel, meningkatkan privasi, mengendalikan aplikasi seluler, memudahkan untuk mengizinkan / memblokir konektivitas aplikasi, memblokir aktivitas aplikasi latar belakang, dll.

4. Data Usage Monitor

Menghemat paket internet dengan hanya menggunakan aplikasi saja bisa dilakukan oleh Anda pengguna smartphone Android. Aplikasi penghemat kuota satu ini akan membantu Anda dalam memonitorisasi penggunaaan internet di setiap aplikasi yang Anda miliki di HP.

Data Usage Monitor juga bisa membantu Anda dalam mengatur penggunaan kuota internet yang berlebih. Jadi, Anda bisa mengatur mana aplikasi yang membutuhkan banyak internet dan mana aplikasi yang tidak perlu menggunakan internet berlebih. Siap menghemat dengan aplikasi Data Usage Monitor? Download aplikasinya di sini.

5. Opera Mini

Punya masalah dengan bandwith terbatas dan koneksi internet yang tidak stabil? Mungkin Anda perlu menggunakan Opera Mini. Pasalnya, aplikasi browser yang satu ini dapat mengompresi data dan kecepatan internet.

Dalam aplikasi ini, pengguna hanya perlu memilih mode kompresi data “High” atau “Extreme”. Dengan kata lain, aktivitas browsing dengan menggunakan Opera Mini jadi lebih terkontrol.

Opera Mini akan menghemat penggunaan data dengan mengurangi kualitas gambar, text wrap, protokol, dan masih banyak lagi. Sama seperti Google Chrome, Anda bisa mendownload Opera Mini secara gratis di Google Play Store.

6. Data Usage – Data Manager

Aplikasi untuk mengatur penggunaan data yang satu ini telah digunakan oleh lebih dari 500 ribu pengguna Android. Data Usage – Data Manager menyediakan fitur seperti notifikasi yang menampilkan data seluler dan WiFi.

Selain itu Anda dapat melelacak data yang menampilkan data harian setiap aplikasi saat Anda membukanya. Lalu aplikasi dapat menunjukkan peringatan jika penggunaan data melebihi batas yang Anda tetapkan, dll.

7. Data Usage Manager & Monitor

Data Usage Manager & Monitor adalah aplikasi yang dapat membantu Anda melacak penggunaan data. Aplikasi ini memungkinkan Anda memantau batas data perangkat, melacak aktivitas jaringan WiFi, dan melihat aplikasi mana yang mengakses data Anda.

Bahkan, aplikasi ini menyediakan analitik penggunaan data lengkap—data perangkat, roaming, data historis, kecepatan koneksi internet, dan banyak lagi. Anda juga dapat mencari tahu aplikasi-aplikasi yang mencuri bandwidth Anda dengan aplikasi yang satu ini.

8. Data Usage – NeoData

Telah digunakan oleh lebih dari 100 ribu pengguna Android, NeoData adalah cara tercepat untuk memeriksa penggunaan data seluler Anda menurut operator Anda secara real time dan andal. Dengan demikian Anda dapat menhemat uang untuk tagihan telepon bulanan Anda.

Dengan NeoData Anda dapat menetapkan batas untuk penggunaan hotspot seluler. Selain itu Anda dapat melacak penggunaan hotspot dan membagikan internet Anda di rumah secara sadar. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengatur data dua SIM yang Anda gunakan.

9. GlassWire Data Usage Monitor

GlassWire Data Usage Monitor dapat membantu Anda tetap berada di bawah batas data dan menghemat uang untuk tagihan telepon bulanan Anda. Anda bisa mendapatkan peringatan sebelum Anda mencapai batas data operator untuk menghindari biaya kelebihan penggunaan.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat grafik aplikasi mana yang saat ini menggunakan data operator seluler atau koneksi Internet Wi-Fi Anda. Ia juga dapat membantu lindungi privasi Anda dan mengungkap aktivitas aplikasi yang mencurigakan melalui grafik GlassWire.

10. Internet Speed Meter Lite

Aplikasi penghemat kuota kali ini datang dari aplikasi Internet Speed Meter Lite. Sama seperti aplikasi Data Usage Monitor, aplikasi ini juga akan membantu Anda dlama mengontrol pengguna kuota internet agar tidak menggunakna internet yang terlalu berlebihan.

Di sini Anda bisa mengatur aplikasi mana saja yang harus menghemat kuota. Juga, para pengguna aplikasi Internet Speed Meter Lite akan diberikan laporan penggunaan paket data setiap bulannya. Tak perlu khawatir masalah kapasitas baterai, aplikasi ini mendukung hemat baterai lho. Mau? Dapatkan aplikasinya di sini.

Hemat pemakaian kuota internet Anda dengan salah satu aplikasi penghemat kuota di atas. Aplikasi ini sangat membantu Anda agar tidak terus menerus membeli paket data internet. Ini adalah solusi yang tepat jika Anda tidak menggunakan free hotspot Wi-Fi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment