10 Aplikasi Kompresi Video Terbaik untuk PC dan Laptop

idtheftquiz.org/ – Jika Anda seorang Video editor, Youtuber atau bahkan orang awam yang selalu berhubungan dengan edit-mengedit video, tak jarang ada yang merasa kesal sendiri sesaat setelah proses rendering ternyata video itu menghasilkan ukuran yang sangat besar.

Hal ini terjadi biasanya karena kita cnderung merekam video dengan memilih opsi kualitas terbaik dan adanya penambahan backsound atau subtitle saat proses editing. Jadi tidak heran hal tersebut meningkatkan ukuran video menjadi besar dari video mentahan.

Di samping memakan banyak ruang penyimpanan, ukuran file sebuah video yang besar dapat menjadi problematika bagi mereka yang ingin mengunggahnya di media sosial. Hal ini karena adanya batasan ukuran pada aplikasi media sosial (Instagram, Youtube, dll) bahkan server e-mail yang melebihi kriteria atau yang diberlakukan.

Tenang! Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan dikompresi menggunakan perangkat lunak kompresi video. Kali ini Carisinyal, akan membantu dan membahas beberapa perangkat lunak kompresi video yang berguna dan paling mantap digunakan di PC atau Laptop. Berikut pemaparannya untuk Anda, baca sampai selesai yah!

1. VideoProc

*Sumber: https://fossbytes.com

VideoProc merupakan salah satu perangkat lunak pengolah video yang sangat kuat dan dapat Anda gunakan untuk tujuan memotong, menggabungkan, mengedit, dan mengompres video. Melalui perangkat lunak kompresi ini, Anda dapat mengedit video yang berukuran besar yang direkam dari DJI, kamera 4K, GoPro, dan lain-lain.

Si ahli pengoversi dan kompresor video ini tentunya menawarkan berbagai fitur utama meliputi, dapat menyeimbangkan video dari GoPro/DJI, melakukan proses edit video dengan cepat dan denoise dengan mudah, menyesuaikan kualitas video dan ukuran, dan dibangun dengan 370+ codec video dan audio.

Tidak hanya itu, perangkat lunak dengan tampilan yang ramah pengguna ini dapat membantu mentranskode video HEVC atau H.264, mengonversi video, audio, dan DVP apapun (MKV ke MP4, M4A ke MP3, DVD ke MP4), serta membuat video untuk konten pada media yang diputar di layar TV besar atau perangkat portabel. Klik VideoPro, bagi Anda yang ingin mendapatkan aplikasi kompresi video keren ini!

2. AnyVideo Converter

*Sumber: https://www.techradar.com/

AnyVideo Converter menjadi salah satu aplikasi video kompresi yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi ukuran file video. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar. Dalam versi premiumnya, AnyVideo Converter memiliki beberapa fitur tambahan, tapi untuk versi gratisnya tetap memiliki fitur yang cukup lengkap.

Perangkat lunak kompresi video ini mendukung berbagai input dan output video, mulai dari MP4, MPEG, VOB, WMV, 3GP, 3G2, MKV, MOD, M2TS, dan masih banyak lagi. AnyVideo Converter memiliki fitur utama yang dapat Anda jajal, seperti merekam video ke DVD atau AVCHD DVD dan pengkodean video HEVC atau H.265.

Dengan HEVC maka memungkinkan video yang dikompresi menjadi setengah ukuran file tanpa takut kehilangan kualitasnya. Selain itu, perangkat lunak ini bekerja dengan cepat dan menghasilkan kualitas video yang tinggi, dan dapat ekstrak dan rip audio dari CD/Video. Ingin memasang AnyVideo Converter di Laptop? Unduh aplikasinya di sini, yah!

3. Wondershare UniConverter

*Sumber: https://videoconverter.wondershare.com/

Wondershare UniConverter awalnya memiliki nama Wondershare Video Converter Ultimate . Aplikasi ini adalah perangkat lunak yang bertugas untuk menjadi burner, mentransfer media, mengedit, dan mengonversi video. Rupanya kemampuannya tidak hanya mengonversi video tetapi juga audio dan gambar ke dalam beberapa format lain.

Jika Anda menggunakan aplikasi ini untuk mengonversi file, maka akan disuguhkan beberapa pilihan format seperti PNG, MP4, MOV, DVD, MKV, MP3, JPG, MXF, dan AVI. Wondershare UniConverter hadir dengan satu set lengkap alat video yang dapat membantu Anda dalam mengedit video.

Tanpa kehilangan kualitas dari hasil konversi video, perangkat ini mampu bekerja lebih cepat, mudah digunakan, dan memiliki tampilan yang sederhana. Wondershare UniConverter dapat dipasang untuk sistem operasi Windows dan Mac dan tersedia dalam delapan bahasa berbeda, tapi dengan bahasa default-nya bahasa Inggris. Untuk mendapatkan aplikasi yang memiliki tampilan antarmuka drag & drop UI ini, Anda bisa mengkliknya di sini!

4. Hybrid

*Sumber: https://www.videohelp.com/

Hybrid adalah perangkat lunak video antarmuka berbasis QT multi-platform yang memungkinkan Anda untuk mengonversi setiap input dari VP9, x264, x265, dan Xvid. Diselipkan dengan kalkulator bitrate yang terintegrasi, aplikasi ini mampu menyandikan suatu judul/bab.

Perangkat lunak kompresi video ini dikemas dengan berbagai fitur seperti menyediakan alternatif yang berkaitan dengan pengubahan ukuran, pemotongan, pembuatan judul, pemfilteran, dan masih banyak lagi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment