10 Aplikasi File Manager Terbaik di Smartphone Android

idtheftquiz.org/ – Tidak banyak yang menyadari bahwa file manager adalah aplikasi penting yang harus ada di dalam smartphone atau tablet Android.

Pasalnya, aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam menelusuri file, menemukan file yang baru saja diunduh, mengelola ruang penyimpanan handset, memindahkan data dari file satu ke file lainnya, dll.

Sayangnya, tidak semua orang menyadari betapa pentingnya aplikasi file manager ini. Mereka cenderung memilih untuk mendownload game atau aplikasi favorit lainnya.

Padahal, aplikasi file manager sangat penting untuk mengelola semua data pribadi Anda, termasuk game dan aplikasi favorit yang sudah diunduh. Oleh karena itu, Carisinyal akan membagikan daftar aplikasi file manager Android terbaik khusus untuk Anda.

1. Files by Google

Aplikasi yang dibuat oleh Google ini juga akan membantu Anda dalam mengelola semua data yang ada di HP.

Dalam aplikasinya, Files by Google punya beberapa keunggulan, seperti menghapus, memindahkan, backup data, hingga menghapus cache junk yang ada di HP. Menariknya lagi, Files by Google juga bisa digunakan untuk berbagi file secara offline.

Belum cukup sampai di situ, Files by Google juga memanjakan penggunanya dengan memberikan free space up untuk menyimpan data-data jika memori di HP Anda sudah penuh.

Dan yang paling penting, Anda tidak perlu khawatir aplikasi Files by Google akan menghabiskan ruang di HP Anda, karena Files by Google cukup ringan. Yuk, segera pakai aplikasinya di sini.

2. File Manager – File Manager Plus

Aplikasi satu ini juga bisa menjadi solusi terbaik Anda dalam melakukan kontrol terhadap segala file yang Anda miliki di storage ponsel. Aplikasi yang tanpa bayar ini menyuguhkan kemudahan untuk para pengguna dalam mengatur semua file dan data di HP.

Anda bisa mengatur semua file yang tersimpan baik di Main Storage, SD Card, USB Storage, bahkan data yang tersimpan dalam file Downloads.

Tak hanya itu saja, bahkan aplikasi besutan Flashlight + Clock ini menyuguhkan fitur Remote dimana Anda bisa memonitorisasi file Anda dengan mempercayakannya pada server NAS dan FTP. Mau? Download aplikasinya di sini.

3. Mi File Manager – Xiaomi Inc.

Xiaomi juga punya aplikasi pengelola file yang sudah digunakan jutaan pengguna ponsel Xiaomi. Namun aplikasi ini juga dapat dipasang ponsel Android lain yang mendukung. Sejauh ini File Manager dari Xiaomi telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Play Store.

Gratis digunakan, Mi File Manager dapat membantu Anda menemukan file lebih cepat, mengelola file dengan mudah, dan membagikannya secara offline dengan orang lain. Ia memiliki fitur pencarian cepat, memindahkan, menghapus, membuka, dan berbagi file, serta mengganti nama, unzipping, dan menyalin-tempel.

Mi File Manager juga mengenali beberapa format file, termasuk musik, video, gambar, dokumen, APK, dan file zip. Selain itu, aplikasi mendukung sejumlah bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

4. X-Plore File Manager

Dengan X-Plore File Manager, Anda bisa mengelola dua windows sekaligus dalam satu layar. Lantas, apa manfaat dari fitur ini? Tentu saja ini sangat memudahkan Anda untuk mencopy dan memindahkan file dengan lebih cepat.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini menjadi salah satu yang terbaik karena memberikan banyak fitur yang dibutuhkan oleh penggunanya, seperti dukungan terhadap berbagai jenis file, cloud storage, penyimpanan jaringan (FTP, SMB, DLNA, / UpnP), built-in hext editor, dukungan untuk perangkat yang sudah di root, dan masih banyak lagi.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh X-Plore File Manager adalah aplikasi ini bisa diunduh secara gratis!

5. ASTRO File Manager & Cleaner

Seperti namanya, ASTRO File Manager & Cleaner adalah aplikasi yang tidak hanya berguna untuk mengatur, memindahkan, dan mencadangkan file dengan mudah, tapi juga untuk membersihkan memori ponsel, dan meningkatkan kinerjanya.

Aplikasi pengelola file ini memungkinkan Anda untuk memindahkan, menyalin, membagikan, mengganti nama file di penyimpanan internal, kartu SD, dan ruang cloud. Anda juga dapat mensortir dan mengkategorikan file serta mengakses semua gambar, video, musik, aplikasi, dan folder terbaru dengan mudah dari layar beranda.

Jika penyimpanan ponsel Anda hampir penuh, Anda dapat menggunakan fitur penghapus dan pengelola penyimpanan. Anda dapat mengkosongkan ruang di ponsel Anda dengan rekomendasi untuk menghapus aplikasi dan file yang tidak digunakan.

6. File Manager – InShot Inc.

File Manager dari pengembang InShot Inc. ini diklaim hadir dengan fitur-fitur tingkat PC, sehingga mampu membantu Anda mengatur file-file di ponsel secara efisien. Sejauh ini aplikasi file manager ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna Android dengan ulasan yang rata-rata bagus.

File Manager mendukung semua format file: file baru, unduhan, video, audio, gambar, aplikasi, dokumen, dan arsip. Ia juga mendukung fitur FTP yang memungkinkan Anda untuk mengakses penyimpanan perangkat Android Anda dari PC.

Adapun fitur-fitur unggulan lainnya termasuk kemampuan untuk mengompres dan medekompresi arsip ZIP/RAR, Recycle Bin untuk memulihkan file yang terhapus, dapat menjelajahi dan menghapus item yang tidak digunakan untuk mengosongkan lebih banyak ruang, dll.

7. Total Commander

Aplikasi yang satu ini terbilang kuat dan memiliki banyak peminat. Total Commander menyediakan fitur yang memang benar-benar Anda butuhkan, seperti dukungan jaringan storage, dukungan cloud storage, dukungan plugin, bookmark, dan alat-alat lain seperti editor teks.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment