10 Aplikasi Edit Audio Terbaik yang Bisa Dicoba di PC & Laptop

idtheftquiz.org/ – Saat ini, ada banyak program, software atau aplikasi yang membantu keseharian kita atau membantu pekerjaan kita sebagai manusia. Salah satunya yang sedang digemari adalah aplikasi edit video seiring dengan berkembangnya ekosistem YouTube.

Selain edit video, ada satu lagi yang sedang berkembang, yakni edit audio. Terlebih di era sekarang ini, popularitas konten audio seperti podcast mulai banyak digemari. Nah, edit audio juga berfokus pada produksi musik, produksi konten audio dan lainnya.

Nah, aplikasi edit audio sendiri ada banyak pilihan yang bisa digunakan. Jika Anda bingung, tenang karena Carisinyal telah merangkum daftar aplikasi edit audio pilihan yang patut Anda coba. Berikut daftarnya!

1. Audacity

Aplikasi edit audio PC yang paling terkenal adalah Audacity. Aplikasi ini sangat direkomendasikan oleh banyak orang, baik oleh kalangan profesional, maupun kalangan pemula yang baru terjun di dunia edit audio. Hal ini karena Audacity adalah aplikasi edit audio yang mudah digunakan.

Ada beberapa keunggulan yang membuat Audacity sering direkomendasikan. Salah satunya adalah karena aplikasi ini dapat diinstal di berbagai perangkat. Selain itu, aplikasi ini menawarkan keunggulan dengan berbagai plugin ataupun berbagai efek lainnya.

Keunggulan lainnya adalah fitur editnya. Aplikasi ini dapat memotong suara, menggabungkan musik atau lagu, menghilangkan suara vokal, memberi tambahan efek pada vokal, dan juga bisa digunakan untuk merekam. Yang paling menarik, Audacity gratis karena sifatnya open source. Silakan kunjungi situs resmi Audacity untuk mendapatkan aplikasi ini.

2. GarageBand

GarageBand adalah aplikasi edit audio yang dikhususkan untuk pengguna Mac, iPhone dan iPad. Tidak hanya bisa menyunting audio saja, penggunanya pun dapat membuat lagu dari nol dengan menambahkan instrumen seperti gitar, synth, atau piano. Anda sebagai pengguna tentu diperbolehkan untuk merekam audio sendiri.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur audio mixing dan editing yang terbilang lengkap. Uniknya, setiap kontrol untuk efek audio di dalam aplikasi ini menggunakan ikon berupa kenop yang dapat diputar, layaknya alat yang ada di studio sungguhan.

Dari segi tampilan, aplikasi ini simpel dan minimalis. Tombol-tombol seperti pause, play dan juga forward tersedia di bagian atas layar dan memudahkan Anda ketika ingin memutar audio dalam aplikasi. GarageBand dapat diunduh di App Store dengan gratis.

3. Power Sound Editor Free

Aplikasi edit audio lainnya adalah Power Sound Editor Free. Aplikasi ini membawa banyak fitur yang tergolong mirip dengan Audacity. Anda bisa memotong lagu, membuat rekaman, mengedit rekaman, mengubah tempo lagu, menghilangkan bagian lagu, dan melakukan berbagai tugas pengeditan audio lainnya.

Selain itu, aplikasi ini menyediakan berbagai efek menarik agar audio bisa menjadi lebih bagus. Yang paling menarik, jelas aplikasi ini tersedia secara gratis. Tertarik mencoba aplikasi ini? Silakan download aplikasi ini di sini.

4. OcenAudio

Aplikasi edit audio lainnya adalah OcenAudio. Aplikasi ini hadir dengan tampilan yang sederhana, sehingga membuat Anda sebagai pengguna lebih mudah memakai aplikasi ini. Terlebih aplikasi ini tersedia di berbagai sistem operasi.

Beberapa fitur menarik yang ditawarkan aplikasi ini diantaranya adalah dukungan mengedit file audio berukuran besar, fitur spectrogram, dan dukungan VTS plugins, yakni plugin agar Anda bisa mengakses berbagai efek.

Selain itu, aplikasi ini mendukung fitur untuk pengeditan audio yang kompleks. Tertarik? Silakan kunjungi situs resmi OcenAudio untuk mengunduhnya.

5. Adobe Audition

Aplikasi edit audio lainnya adalah Adobe Audition. Aplikasi ini adalah aplikasi edit audio berkualitas dan bisa jadi pilihan yang tepat untuk kalangan profesional. Mengapa? Karena aplikasi memiliki banyak fitur menarik dan premium.

Wajar aplikasi ini memiliki fitur lengkap karena Adobe Audition bukanlah aplikasi gratisan. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda harus berlangganan dan biasanya satu paket dengan program editor lainnya. Tetapi sebelum membeli versi berbayar, Anda bisa mencoba gratis selama 7 hari memakai aplikasi ini. Silakan kunjungi situs resminya untuk info lebih lanjut.

6. WavePad

Aplikasi edit audio lainnya adalah WavePad. Aplikasi ini merupakan aplikasi besutan NCH Software yang terkenal dengan berbagai produk editing. Aplikasi ini sendiri tersedia gratis dan dapat dipasang di berbagai platform seperti Windows, MacOS, iOS, dan Android.

Salah satu kelebihan dari WavePad adalah dukungan format audio dan kemudahan penggunaannya. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur menarik seperti efek-efek luar biasa, pengeditan yang cepat, dan berbagai tools menarik seperti batch processing, scrub & search audio, dan masih banyak lagi. Download aplikasi ini disini.

7. Audio Cutter Converter Merger – Inverse AI

Selanjutnya, ada Audio Cutter Converter Merger dari Inverse AI. Lagi, aplikasi ini pun dirancang khusus untuk perangkat Apple, seperti iPhone, Mac dan iPad. Khusus pengguna Mac, pastikan perangkat Anda sudah menggunakan MacOs 11 dengan cip Apple M1, ya.

Aplikasi satu ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan penyuntingan audio, seperti trimming, cutting, merging dan converting, sesuai dengan namanya. Format file audio dan video yang didukung untuk disunting dengan aplikasi ini adalah MP3, AAC, WAV, dan masih banyak lagi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment