10 Aplikasi Asisten Pribadi Terbaik di Smartphone Android 2022

idtheftquiz.org/ – Pernahkah Anda membayangkan memiliki asisten pribadi virtual yang bisa menangani berbagai pekerjaan Anda sehingga meringankan tugas Anda? Beberapa waktu lalu Carisinyal memang sempat mengulas beberapa aplikasi untuk pebisnis yang mungkin bisa untuk membantu meringankan pekerjaan.

Nah, sekarang lengkapi beberapa aplikasi bisnis tersebut dengan turut menginstall aplikasi yang bisa berperan sebagai asisten pribadi Anda.

Di beberapa film yang mengusung teknologi canggih, seperti film-film James Bond, kita bisa memerintah benda hanya dengan mengeluarkan perintah suara. Ingin memiliki pengalaman seperti itu? Coba install aplikasi asisten pribadi berikut ini di smartphone Android Anda.

1. Google Assistant

Ingin mengakses semua aplikasi di HP tanpa harus menyentuh layar ataupun mengetik? Anda bisa menyuruh Google Assistant. Ya, dengan aplikasi ini, Anda bisa merasakan seperti memiliki asisten pribadi. Anda hanya perlu mengeluarkan perintah dan Google akan melakukannya untuk Anda. Misalnya, Anda ingin menelpon seseorang hanya perlu mengatakan “calling Mom”. Sangat simpel, ya?

2. Amazon Alexa

Tak kalah bagusnya dengan Cortana, Amazon juga mengembangkan sebuah aplikasi asisten pribadi yang cukup populer, Amazon Alexa. Dalam aplikasinya, pengguna Amazon Alexa bisa memerintahkan Alexa untuk kebutuhan sehari-hari, baik untuk mendengarkan musik, mencari lagu, bahkan bisa juga untuk disuruh menelpon seseorang.

Cukup dengan berbicara pada Amazon Alexa, maka aplikasi ini dengan sigap melaksanakan apa yang Anda perintahkan. Untuk memiliki Amazon Alexa, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, karena aplikasi ini bisa didownload secara gratis melalui link ini.

3. Bixby (Samsung)

Samsung adalah salah satu merek ponsel terbesar di dunia. Samsung mengembangkan sendiri aplikasi kecerdasan buatan mereka sendiri yang disebut Bixby. Tidak hanya untuk ponsel Galaxy saja, Bixby juga dapat digunakan di perangkat teknologi Samsung Galaxy lainnya, seperti Tab, Watch, dan Buds.

Seperti dilansir dari situs resmi Samsung, Bixby mampu mempelajari pola dan merekomendasikan rutinitas tugas otomatis sehingga pengguna perangkat Samsung tidak lagi harus menghabiskan waktu untuk mengulangi tugas dan tugas yang sama. Fitur ini disebut dengan Bixby Routine.

Lalu ada fitur Quick Commands, yang dengannya Bixby dapat melakukan banyak tugas dalam urutan tertentu setelah mendengar pemicu yang telah dipersiapkan. Dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang ditawarkan oleh Bixby.

4. DataBot

DataBot merupakan salah satu aplikasi asisten pribadi yang populer, dengan lebih dari 5 juta unduhan di Play Store. Seperti asisten pribadi kebanyakan, DataBot mampu menjawab dengan suaranya atas permintaan pengguna atas topik yang diminati.

Aplikasi dan layanan yang terintegrasi dalam asisten pribadi ini dapat memberikan kembali gambar, pencarian suara, dan presentasi multimedia kepada pengguna. Dan masih banyak fitur-fitur yang ditawarkan oleh DataBot.

Menariknya, DataBot merupakan aplikasi lintas platform, sehingga tidak hanya bisa dijalankan di ponsel saja, tapi juga di tablet dan laptop. Tertarik untuk mencoba DataBot? Langsung saja unduh aplikasinya di sini.

5. Extreme

Jika Anda mencari aplikasi bagus untuk asisten pribadi di Android dengan menggunakan bahasa Indonesia, maka Anda bisa download Extreme. Pasalnya, aplikasi ini tersedia dalam berbagai bahasa selain bahasa Inggris. Tentu saja Extreme juga tidak kalah bagusnya dengan aplikasi-aplikasi lain yang sudah disebutkan sebelumnya.

Di Extreme, Anda bisa menanyakan apapun, mencari lokasi, berswafoto, bahkan Anda bisa selalu update berita terkini. Cukup dengan memerintahkannya melalui suara Anda dan Extreme siap melaksanakan apa yang diperintahkan untuk Anda. Sangat praktis, ya?

6. Hound

Di antara beragam aplikasi asisten pribadi, Hound termasuk salah satu yang terbaik. Bahkan, aplikasi ini bisa disejajarkan dengan Cortana. Aplikasi ini akan merespon perintah Anda dengan tanggapan yang sangat cepat. Bahkan, Anda tidak perlu menyebutkan keyword khusus saat memberi perintah suara, cukup bicara secara alami saja.

Hound adalah aplikasi yang mampu memberikan layanan informasi, hiburan, dan komunikasi yang Anda inginkan. Anda bisa memberi perintah, seperti “OK, HOUND. Play the top songs around the world” untuk memutar playlist lagu terkenal. Anda juga bisa memberi perintah untuk mencari informasi di Wikipedia atau Google.

7. Robin

Robin adalah aplikasi asisten penantang Siri. Meskipun demikian, aplikasi ini masih dirilis dalam versi beta. Pengembang masih terus menambahkan berbagai macam fitur agar Robin bisa benar-benar menyaingi Siri dari Apple.

Anda bisa mencoba versi beta ini untuk mengirim SMS, mencari tahu tentang informasi lalu lintas, mencari tempat parkir, menelusuri harga BBM terbaru, dan masih banyak lagi. Robin diklaim dapat menjadi aplikasi asisten yang bisa menyaingi kinerja dari Siri.

8. Friday

Friday juga menjadi salah satu aplikasi assistant yang cukup diminati oleh banyak pengguna Android. Bagaimana tidak, aplikasi ini memberikan kemudahan Anda dalam menjawab semua pertanyaan hingga membuka aplikasi yang ada di HP.

Anda hanya perlu mengatakan apa yang dibutuhkan kepada Friday, dan aplikasi ini akan langsung melakukannya untuk Anda. Bahkan, Friday juga bisa disuruh untuk posting sesuatu di sosial media, seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain. Hebat, kan?

9. Google Assistant Go

Google Assistant Go memiliki konsep yang sama dengan Google Assistant reguler. Namun, asisten pribadi Google yang satu ini hadir untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android edisi Go.

Dengan adanya Google Assistant Go, pengguna Android yang ponselnya memiliki spek rendah bisa merasakan pengalaman produktif yang menyenangkan dengan asisten pribadi Google.

10. Asisten Pribadi OEM Lainnya

Seperti Samsung, sejumlah pabrikan ponsel dunia juga menciptakan asisten pribadi khusus untuk perangkat mereka masing-masing. Sebagai contoh, vivo memiliki aplikasi asisten pribadi berbasis AI yang bernama Jovi. Lalu ada Xiao AI untuk perangkat Xiaomi dan Celia untuk Huawei.

Sayangnya aplikasi asisten pribadi khusus tersebut tidak dapat dinikmati oleh semua pengguna merek ponsel bersangkutan. Sebagai contoh, Xiao AI hanya tersedia untuk pengguna perangkat Xiaomi di daratan Tiongkok saja. Namun ke depannya mereka mungkin bisa dinikmati di berbagai belahan dunia.

Sejumlah aplikasi asisten pribadi ini akan sangat membantu Anda untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Nah, berminat untuk mencoba aplikasi pintar ini? Manakah aplikasi asisten yang ingin Anda coba terlebih dahulu? Share pengalaman unik Anda setelah menginstall dan mencoba salah satu aplikasi di atas, ya!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment