10 Aplikasi Akuntansi untuk Mengotomasi Keuangan Bisnis

idtheftquiz.org/ – Mencari aplikasi akuntansi yang sesuai memang bukanlah perkara mudah. Meskipun sama-sama didesain supaya dapat menyederhanakan proses pengelolaan serta manajemen keuangan sekaligus meminimalisir terjadinya human error, namun setiap aplikasi memiliki keunggulan dan skala yang berbeda.

Jika Anda sedang mencari aplikasi akuntansi yang tepat untuk mengotomasi proses accounting bisnis sendiri ataupun mendukung pekerja Anda sebagai akuntan, Anda berada di artikel yang tepat. Karena kali ini kami sudah merangkum 10 aplikasi akuntansi terbaik yang layak untuk dipertimbangkan. Berikut pembahasannya!

1. Jurnal

Jurnal merupakan aplikasi akuntansi berbasis awan asal Indonesia yang dikembangkan oleh Mekari. Fitur yang tersedia di Jurnal akan membantu menyelesaikan pengelolaan keuangan secara otomatis dan akurat untuk bisnis kecil maupun menengah.

Beberapa fitur yang tersedia meliputi penyajian laporan keuangan secara lengkap dan real time, mengurus pembukuan, memantau kas dan transaksi, sistem in-voice otomatis, mengelola pajak, manajemen produk serta inventaris, dan masih banyak lagi.

Untuk menguji coba fitur yang ditawarkan sebelum membeli, Anda bisa mencoba versi trial-nya terlebih dahulu di sini. Mereka juga menyediakan versi mobile yang bisa diunduh melalui halaman ini.

2. SI APIK

Bank Indonesia juga menawarkan aplikasi akuntansi untuk membantu pencatatan laporan keuangan yang ditujukan untuk usaha kecil dari berbagai sektor yakni SI APIK. Standar pencatatan dari aplikasi ini sudah sesuai dengan aturan Bank Indonesia dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Dengan begini, laporan-laporan keuangan yang tercatat pada aplikasi ini bisa digunakan untuk mengajukan pembiayaan.

Aplikasi ini mencatat dengan sistem double-entry, namun dengan input single entry, sehingga tidak merumitkan pengguna saat melakukan input. Di samping itu, aplikasi ini juga memberikan laporan keuangan yang meliputi neraca, arus kas, laba-rugi, serta rincian pos keuangan. Lalu, ia juga menyajikan grafik dari laporan kinerja keuangan seperti likuiditas, profitabilitas, dan lain sebagainya.

SI APIK ini bisa digunakan di smartphone dengan mengunduhnya secara gratis di Google Play dan App Store. Sedangkan untuk PC, aplikasi ini bisa diakses melalui laman ini.

3. Zahir

Zahir merupakan software akuntansi yang cukup populer di Indonesia. Ia bahkan dipercaya oleh perusahaan besar ternama seperti Traveloka, bukalapak, kitabisa.com hingga Trans Vision. Produk-produk yang ditawarkan oleh Zahir cukup beragam mulai dari untuk bisnis online kecil hingga enterprise.

Aplikasi sistem akuntansi dari Zahir menawarkan fitur yang akan membantu pengguna mendapatkan laporan keuangan secara real-time, mengelola pembelian dan pembayaran, pengelolaan piutang, manajemen kas, dan lain sebagainya.

Produk-produk yang ditawarkan oleh Zahir tentunya berbayar, namun Anda tak perlu khawatir karena beberapa produknya tersedia dalam versi uji coba yang bisa didapatkan melalui laman ini. Lalu, mereka juga menyediakan aplikasi mobile bisa diunduh di Google Play maupun App Store.

4. Accurate

Accurate merupakan software akuntansi awan yang berasal dari dalam negeri dan telah dipercaya oleh banyak pelaku UMKM maupun perusahaan besar. Software ini didesain agar mampu membantu proses operasional bisnis Anda apapun bidangnya.

Aplikasi ini mampu memberikan rincian laporan keuangan yang meliputi laba dan rugi, neraca, arus kas, buku besar, catatan penjual dan laporan lain secara instan. Accurate juga akan membantu pembuatan faktur, pengelolaan stok barang, hingga kalkulasi pajak. Di samping itu, ia juga sudah terintegrasi dengan smart link internet banking.

Jika ingin membuktikan masing-masing keunggulan yang ditawarkan oleh Accurate, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan mendaftar di laman resminya. Sedangkan untuk aplikasi perangkat seluler bisa diunduh melalui Google Play dan App Store.

5. EQUIP

Aplikasi akuntansi asal Singapura EQUIP ini merupakan salah satu produk yang dirancang oleh HashMicro. EQUIP hadir sebagai solusi untuk membantu perusahaan dari berbagai macam industri agar dapat mengembangkan bisnisnya dengan sistem otomatisasi. Aplikasi ini sudah dirancang agar sesuai dengan standar bisnis terbaik dan dapat dimodifikasi berdasarkan kebutuhan bisnis masing-masing.

Sistem akuntansi yang ditawarkan oleh EQUIP meliputi menyajikan laporan keuangan yang rinci dan sesuai dengan peraturan pemerintahan Indonesia, manajemen faktur, mengelola instruksi pembelian, manajemen pembayaran, mengelola rekening dengan mata uang asing dan lain sebagainya. Jika tertarik untuk mencoba EQUIP, Anda bisa melakukan uji coba dengan registrasi melalui laman resminya di sini.

6. Wave

Untuk pebisnis baru maupun skala kecil yang mencari aplikasi akuntansi yang bebas dari pungutan biaya, maka Wave bisa menjadi salah satu alternatif terbaik.

Wave menawarkan fitur yang dapat menyajikan rincian laporan arus kas, laba dan rugi, serta laporan keuangan lainnya. Wave juga mampu mengkalkulasi pajak dari pemasukan dan pengeluaran. Keunggulan lain yang mereka tawarkan adalah setiap akun dapat digunakan untuk lebih dari satu bisnis.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs https://idtheftquiz.org/ adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://idtheftquiz.org/ tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Comment